Mobil Keluarga, Safety Etios Valco Terbaik
Toyota Etios Valco dirancang sebagai kendaraan keluarga muda, kendaraan pertama bagi mereka. Karena itu Toyota di Indonesia bekerja keras untuk mematangkan mobil ini agar memberi manfaat terbaik.
Akio Nishimura chief engineer Toyota Etios Valco saat mempresentasikan mobil mungil ini di Jakarta, (11/3) menjelaskan, struktur body Etios Valco cukup kuat untuk memberi keamanan maksimal bagi seluruh keluarga. Dilengkapi pula dengan safe deformable body structure untuk meyerap energy benturan agar tidak mengalir ke ruang penumpang.
Dan setiap Etios –bahkan yang paling terjangkau- sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Kantong udara ini untuk melengkapi sabuk pengaman yang ada ditiap kursi. Sabuk pengamannya terbilang canggih karena sudah dilengkapi pretensioner –yang akan mengencang otomatis saat benturan untuk menahan agar tubuh penumpang tidak terbanting kedepan - dan load limiter. Yang terakhir itu otomatis mengendurkan sabuk pengaman sesaat setelah benturan untuk mencegah cidera tulang rusuk. Bahkan bangku belakang dilengkapi dengan tiga sabuk pengamanan.
Bukan cuma fitur passive safety –pelindung saat benturan- tapi juga active safety –fitur untuk mencegah terjadinya tabrakan- yang dibenamkan di Etios Valco. Sektor penahan laju dipercayakan pada rem cakram di depan dan drum dibelakang. Roda depan menggunakan cakram ventilated yang efektif membuang panas sehingga fungsi rem terus pakem. Pada tipe G, ditambah pula dengan teknologi Anti lock Braking System (ABS) yang fungsinya mencegah roda terkunci saat pengereman keras dan mendadak. Jika roda terkunci, mobil akan tergelincir tanpa bisa dikendalikan lagi. Jika roda tidak terkunci, ban masih mendapat traksi agar mobil bisa bermanuver menghindar. Tambahan lain, Electronic Brake force Distribution yang membangi tenaga pengereman secara optimal ke seluruh roda agar daya henti maksimal dan mobil tetap stabil.
“Produk ini dipersiapkan secara matang oleh keluarga besar Toyota Indonesia dengan memperhitungankan seluruh aspek kenyamanan, keamanan, fungsi dan ekonomi. Toyota senantiasa berupauya menenhun permintaan pasar, termasuk mengikuti kebutuhan dan selera pasar yang lebih tinggi dengan terus berkembangan. Tidak hanya di pasar ibukota Jakarta saja, namun juga pasar nasional yang berada di daerah. Dengan best value product yang dimilikinya serta dukungan jaringan sales dan aftersales terlua diseluruh wilayah Indonesia, pelanggan mendapatkan pakter terbaik dikelasnya,” kata Johnny Darmawan, presiden direktur Toyota-Astra Motor Indonesia.
Toyota Etios Valco digerakan mesin 1.2 liter 4 silinder yang memproduksi daya maksimal 80hp/5600rpm dan torsi puncak 10.6kg.m/3100rpm. Ada tiga varian berdasarkan kelengkapannya yang semuanya menggunakan transmisi manual 5-speed. Ada enam pilihan warna yaitu hitam, putih, biru, silver, abu-abu dan beige.
Vios Baru Lebih Besar, Tetap Irit
08 Mei 2013
Toyota-Astra Motor meluncurkan the all new Vios di Indonesia, Selasa (7/5) yang akan memuaskan anda yang butuh sedan comfort, spacious, dynamics dan advance.
Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara setelah world premiere di Thailand Maret lalu, yang bisa menyaksikan, menyentuh dan menikmati sedan ini. Sedan ini tampil dengan banyak perubahan termasuk pindahnya speedometer kembali ke posisi konvensional di depan pengemudi.
Di kelas low sedan, Vios diterima cukup baik di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, pangs a pasarnya selalu diatas 40 persen. Tahun lalu total penjualan Vios mencapai 3.122 unit dan menguasai 47 persen pangsa pasar.
Banyaknya perubahan membuat sedan ini ini seperti naik kelas. "Segmen sedan merupakan segmen istimewa. Pengguna sedan adalah mereka yang mengekspresikan karakter personal melalui kendaraannya. Penggunanya mengutamakan hal-hal seperti kenyamanan, peforma, dan desain," kata Johnny Darmawan, President Direktur PT Toyota-Astra Motor saat memperkenalkan mobil ini.
Generasi ketiga ini tumbuh lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Kelengkapan interior dan eksteriornya juga bertambah. Kecanggihannya juga meningkat. Salah satunya adalah fitur infotainment yang menggabungkan fitur-fitur entertainment dan akses terhadap informasi.
"Fitur infotainment memberi kemudahan konsumen untuk mendapat informasi terkini, selalu terhubung dengan dunia luar dan tetap rileks dengan aneka ragam hiburan didalamnya," terang Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT TAM.
Hebatnya, tumbuh lebih besar, lebih lengkap dan lebih stylish tidak berarti new Vios bertambah tambun. Para insinyur Toyota yang di pimpin chief engineer Takeshi Matsuda berhasil menjaga berat Vios tetap sama seperti yang lama. Ditambah perbaikan sistem aerodinamika efisiensi bahan bakar Vios tetap irit.
Guna memberi pilihan lebih luas bagi pecinta Vios, TAM meluncurkan varian baru yaitu Vios E automatic transmission. Dengan demikian ada empat varian terdiri dari grade G dan E yang masing dengan transmisi manual dan matik.
Naik Rp 3 Juta Kini Semua Tipe Avanza Punya Dual Airbag
Aditya Maulana - detikOto
Rabu, 15/05/2013 10:22 WIB
Jakarta - Setelah pertama diluncurkan pada 2004 lalu hingga sekarang akhirnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyematkan dual airbag pada semua tipe Avanza. Perbaikan ini dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.
Dengan penyegaran dalam segi keselamatan dan kenyamanan ini berapa kenaikan harga Avanza?
"Kenaikan harganya semuanya rata hanya Rp 3 juta dan semua Avanza dari tipe paling rendah hingga paling tinggi atau Veloz sudah dilengkapi dual airbag," bisik GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota-Astra Motor Widyawati kepada detikOto di sela-sela acara Living Legend Celebration di Hotel Four Season, Jakarta, Rabu (15/5/2013).
"Melanjutkan tradisi improvement Toyota untuk selalu memberikan yang terbaik kini kami melakukan penyegaran dengan menghadirkan New Toyota Avanza & New Toyota Avanza Veloz dalam segi keselamatan dan kenyamanan," timpal Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan.
Selain dual airbag, New Toyota Avanza dan New Toyota Avanza Veloz ini juga dilengkapi dengan front seatbealt pretensioner/force limitter, driver seatbelt warning, sliding brake pedal, dan knee bolster bagi pengendara.
Untuk meningkatkan kenyamanan, Toyota melengkapi fitur dengan merancang seat & trim dengan new back cusion yang lebih tebal di semua grade. Semua grade juga dilengkapi head rest di baris kedua dengan saddle type.
Untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, New Avanza ini juga semakin disempurnakan dengan hadirnya improvement pada Noise, Vibration, dan Harshness (NVH).
Dibagian interior, New Avanza dan New Avanza Veloz memiliki beberapa refreshment dengan penambahan beberapa ornamen sehingga tampilan interiornya menjadi lebih menarik.
"Antusiasme masyarakat terhadap Avanza ini memacu kami untuk terus melakukan improvement guna memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," tandasnya.
(ady/ddn)
Toyota: Agya Mungkin Dijual Bulan Depan
Hidayat Setiaji - detikOto
Senin, 10/06/2013 10:46 WIB
Jakarta - PT Toyota-Astra Motor memperkirakan peraturan menteri tentang mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) bakal keluar dalam sebulan, sehingga produk yang sudah dipesan 10 ribu unit, Agya, bisa dijual mulai Juli nanti.
Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan, mengaku sudah memprediksi pemerintah akan merilis peraturan presiden tentang mobil murah pada akhir Mei.
"Tapi sekarang kami belum mendapatkan sosialisasi tentang aturan itu. (Kami masih harus) menunggu teknisnya dalam peraturan menteri, masih banyak yang perlu dijelaskan kepada kami," ujarnya pada Harian Detik.
Toyota sudah mempersiapkan mobil murah dan ramah lingkungan dengan nama Agya.
Mobil ini, kata Johnny, sudah mulai diproduksi pada akhir tahun lalu, tapi masih disimpan sebagai stok karena aturan belum keluar. Sampai saat ini pemesanan Agya sudah sekitar 10 ribu unit.
Kini, menurut Johnny, penjualan Agya tinggal menunggu keluarnya peraturan menteri. "Saya perkirakan ini akan keluar bulan depan. Jadi Agya mungkin bisa dipasarkan mulai Juli," katanya.
Agya diproduksi di pabrik baru yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pekerja di pabrik ini mencapai sekitar 1.700 orang. Selain memproduksi Agya, pabrik ini merupakan tempat perakitan varian lain, seperti Avanza. "Jadi karyawannya tidak makan gaji butalah," ujar Johnny.
Dalam Peraturan Presiden Nomor 41 Tahun 2013, pemerintah menghapus pajak barang mewah untuk mobil bermesin paling besar 1.200 cc untuk bensin dan 1.500 cc untuk diesel dengan konsumsi bahan bakar minimal 20 kilometer per liter.
Jika Agya sudah bisa dipasarkan, Johnny mengatakan, produksinya bisa mencapai 3.000-4.000 per bulan.
"Jadi, dengan adanya mobil LCGC ini, kami berharap bisa membantu penjualan mobil di Indonesia. Untuk tahun ini, feeling saya, penjualan tidak akan di bawah 1 juta unit. Kami akan berkampanye secara agresif,” katanya.
Produsen lain yang ingin segera memanfaatkan pasar LCGC adalah Nissan, dengan varian Datsun. Menurut Presiden Direktur Indomobil Sukses Internasional Jusak Kertowidjojo, rencananya Datsun akan diperkenalkan pada 15 September mendatang.
Datsun, menurut Jusak, merupakan mobil LCGC yang hanya ditujukan untuk pasar Indonesia, Rusia, dan India.
"Tapi di Indonesia, local content tentu lebih banyak, sesuai dengan aturan mobil LCGC. Sebagai awalan, ada 65 persen local content dan nantinya terus bertambah,” katanya.
Jusak menambahkan, Datsun akan dibuat di pabrik Nissan yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.
"Saat ini kapasitas pabrik sudah sekitar 100 ribu per tahun dan akan naik menjadi 180 ribu per tahun untuk produksi Datsun," tuturnya.
Meski industri bersemangat dengan paket mobil murah dan ramah lingkungan itu, Darmaningtyas, pengamat transportasi Universitas Indonesia, mengkritiknya.
Mobil LCGC justru memicu penjualan kendaraan pribadi dan akhirnya masyarakat semakin tidak melirik transportasi massal. "Padahal pemerintah selalu mengatakan konsumsi BBM terus naik dan membebani anggaran untuk subsidi,” katanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar